Pelatihan Jurnalistik Online

BANDUNG, Poltekpos – Pengelola website poltekpos.ac.id dan sejumlah staf Program Studi di Politeknik Pos Indonesia menggelar pelatihan jurnalistik online, Rabu-Kamis(28-29/12/2016). Kegiatan yang berlangsung di ruang Program Hibah Kompetisi (PHK), bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaporan kegiatan-kegiatan di dalam kampus yang akan diunggah ke media kampus.

Materi yang mereka pelajari mencakup perkembangan media massa, mengenal kriteria informasi yang layak diberitakan, menggali informasi dengan wawancara, menulis berita dan menyunting berita.

Semua bahasan tentang jurnalistik tersebut dipaparkan oleh Redaktur Harian Tribun Jabar, Kisdiantoro.

“Media online adalah masa depan, semua orang akan terhubung satu sama lain dengan jaringan internet yang semakin cepat. ini bisa dimanfaatkan oleh pengelola website untuk menyebarkan informasi lebih luas kepada masyarakat,” ujarnya.

Para peserta mengatakan mendapatkan banyak manfaat dari pelatihan itu. Roni Andarsyah, Kepala Rekrutmen dan Humas Poltekpos Indonesia, kini mengetahui bagaimana menentukan sebuat informasi atau peristiwa layak dijadikan berita.

“Banyak informasi disekitar kita dan tidak semua bisa kita siarkan. ada kriteria sebuah berita bisa dipublikasikan,” katanya.

Pelatihan selama dua hari itu diakhiri dengan praktik penulisan berita dan langsung mengunggahnya ke website kampus www.poltekpos.ac.id. (*)