Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Sekolah Dasar

RONIANDARSYAH.NET – Saat ini masih masih banyak guru, khususnya guru di Sekolah Dasar Panorama Bandung, yang mempunyai kekhawatiran jika melakukan penelitian akan mengganggu waktu mengajar guru tersebut. Padahal kegiatan penelitian yang kemudian dituangkan dalam karya tulis ilmiah merupakan kegiatan yang sangat penting bagi seorang Guru yang profesional. Dapat dikatakan bahwa kesuksesan guru tidak hanya dilihat dari bagaimana dia mengajar, tetapi juga dilihat dari artikel-artikelnya yang ditulis dalam jurnal-jurnal ilmiah, penyajian makalah dalam seminar-seminar pendidikan. Secara umum dapat dikatakan bahwa produktivitas para guru dalam melakukan penelitian dan menulis karya tulis ilmiah masih rendah. Sebagai upaya untuk mengurangi kekhawatiran untuk melakukan penelitian maka akan diadakan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Panorama Bandung , di mana jenis penelitian ini memungkinkan para guru untuk melakukan penelitian tanpa meninggalkan kegiatan mengajar di kelas, karena penelitian ini akan diterapkan dalam situasi pengajaran di kelas.

Hasil dari pelatihan PTK ini adalah para guru telah memperoleh materi bagaimana membuat usulan PTK yang baik dan terstruktur. Materi yang diberikan berupa tahapan-tahapan dalam melaksanakan PTK yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Para guru kemudian diharapkan termotivasi untuk membuat usulan PTK dan kemudian melaksanakan usulan tersebut. Konsultasi usulan atau pelaksanaan penelitian dapat dilakukan melalui email.

Pada dasarnya apa yang akan dikerjakan dalam kegiatan program PKM ini adalah untuk membantu para guru dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas(PTK).  Langkah-langkah yang akan dilakukan:

  1. Pelatihan PTK
  2. Membuat perencanaan PTK
  3. Membuat tindakan kelas
  4. Melaksanakan observasi PTK
  5. Refleksi hasil PTK
  6. Membuat perencanaan selanjutnya
  7. Pembimbingan Penyusunan Proposal PTK